Queensha.id - Otomotif,
Rubicon adalah nama trim level atau varian dari mobil Jeep Wrangler, yang merupakan SUV tangguh yang terkenal dengan kemampuan off-road-nya. Varian Rubicon adalah model Jeep Wrangler yang paling siap untuk medan berat langsung dari pabrik, dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk off-road seperti pengunci diferensial depan dan belakang serta stabilizer yang dapat dilepas secara elektronik.
Diketahui, Jeep Wrangler Rubicon merupakan mobil jenis SUV dengan kemampuan off-road yang mumpuni.
- Fitur khusus: Dibekali dengan sistem penggerak empat roda yang lebih canggih, pengunci diferensial depan dan belakang, serta stabilizer yang bisa dilepas secara elektronik untuk meningkatkan fleksibilitas saat melewati medan berat.
Harga Baru Rubicon yang Mahal dan Premium
- Varian teranyar Jeep Wrangler Rubicon 4-Door di Indonesia dibanderol Rp 2.389.000.000 (on the road DKI Jakarta).
- Sebelumnya harga barunya pernah dikisaran Rp 1,7 miliar – Rp 1,85 miliar tergantung tipe dan spesifikasi.
- Harga tinggi itu dikarenakan mobil diimpor utuh (CBU) dari Amerika Serikat—artinya konsumen sudah “membayar penuh” pajak dan biaya impor.
Dengan harga segitu, Rubicon termasuk segmen SUV premium di Indonesia yang cocok bagi mereka yang mencari kendaraan off-road tangguh sekaligus gaya hidup khas “adventure + status”.
Harga Seken — Variatif, Tergantung Tahun & Kondisi
Pasar mobil bekas Rubicon cukup beragam; harga sangat bergantung pada tahun produksi, kondisi mesin, kilometernya, dan apakah modifikasi dilakukan. Berikut kisarannya:
| Tahun / Kondisi (indikatif) | Harga Bekas / Seken (Indonesia) |
|---|---|
| Model lama, kondisi relatif standar (sekitar 2015–2016) | ≈ Rp 600 juta – Rp 700 juta |
| Model menengah (2017–2018) | ≈ Rp 700 juta – Rp 800 juta |
| Model lebih baru (2018–2020), kondisi bagus | ≈ Rp 800 juta – Rp 900 juta |
| Beberapa unit “istimewa” atau low-mileage bisa mencapai > Rp 1,4 miliar (tergantung spesifikasi) |
Meski ada kisaran awal “mulai dari Rp 600 jutaan”, pembeli harus sangat teliti dan siap melakukan pengecekan mendalam (mesin, kaki-kaki, dokumen, sejarah servis) sebelum membeli.
Kenapa Selisih Harga Baru dan Bekas Bisa Begitu Jauh?
- Depresiasi & risiko perawatan: mobil bekas Rubicon sering mengalami penurunan harga drastis karena usia, kilometernya besar, atau pemakaian off-road.
- Biaya impor & pajak penuh: mobil baru Rubicon dibeli sebagai CBU dari luar negeri dan konsumen membayar pajak dan bea masuk penuh, yang menambah harga jual.
- Variasi kondisi: Seken bisa sangat murah jika kondisi tidak prima, atau relatif mahal jika dipelihara baik dan kilometer rendah.
- Permintaan vs penawaran: SUV off-road seperti Rubicon punya segmentasi khusus dengan harga bekas bisa fluktuatif menyesuaikan permintaan pasar.
Jika kamu tertarik membeli Rubicon:
- Untuk yang mencari kemewahan, performa & status: versi baru jelas pilihan, tapi perlu anggaran ± Rp 2,3 – 2,4 miliar.
- Untuk yang ingin SUV tangguh dengan budget lebih terjangkau: versi bekas bisa jadi opsi, tapi lakukan pemeriksaan ketat agar tidak menyesal.
- Ingat, harga “murah” saja tidak cukup dengan kondisi mesin, cat, kaki-kaki, dan legalitas dokumen harus dicek.
***
Tim Redaksi.