Notification

×

Iklan

Iklan

Yamaha FreeGo 125: Skutik Harian yang Makin Matang dan Punya Bagasi Jumbo

Selasa, 09 Desember 2025 | 11.27 WIB Last Updated 2025-12-09T04:28:29Z

Foto, tampak pojok belakang, Yamaha FreeGo 125.

Queensha.id - Otomotif,


Persaingan skutik 125 cc semakin seru setelah Yamaha FreeGo 125 kembali mencuri perhatian. Dengan harga yang masih di kisaran Rp 22–24 jutaan, motor ini menawarkan paket lengkap untuk penggunaan harian: desain membulat yang unik, bodi bongsor, fitur praktis, dan bagasi super besar.


Meskipun tampilannya tidak seagresif rivalnya, FreeGo tetap punya identitas kuat sebagai skutik “serba bisa”.



Desain: Membulat, Bongsor, dan Berkesan Unik


FreeGo 125 hadir dengan bodi yang lebih gemuk dan membulat, berbeda dari garis tajam skutik-skutik masa kini. Proporsinya menarik:


  • Panjang: 1.905 mm
  • Lebar: 690 mm
  • Tinggi: 1.115 mm
  • Tinggi jok: 780 mm


Jika dibandingkan Honda Vario 125, FreeGo memang lebih pendek, tapi lebih lebar dan lebih tinggi, memberi kesan kokoh.


Pelek 12 inci dengan ban tebal membuat tampilannya makin unik dan stabil di jalanan kota.



Bobot Lebih Ringan dari Rivalnya


Salah satu daya tarik FreeGo adalah bobotnya yang ringan:


  • 101–102 kg,
    lebih enteng dibanding Vario 125 (111–112 kg).


Bobot ringan ini membuat FreeGo lebih mudah dikendalikan, terutama untuk manuver dan penggunaan harian di perkotaan.



Lampu LED di Depan, Lainnya Masih Bohlam


FreeGo 125 sudah menggunakan:


  • Headlamp LED lengkap dengan aksen biru yang bisa menjadi DRL.


Namun lampu sein depan-belakang dan lampu rem masih menggunakan bohlam, sesuatu yang mungkin terasa kurang modern bagi sebagian konsumen.



Mesin 125 cc Blue Core dengan SSG, Hemat dan Halus


Di sektor performa, FreeGo 125 mengusung mesin:


  • 125 cc Blue Core
  • Tenaga: 7 kW (± 9,4 tk) @ 8.000 rpm
  • Torsi: 9,5 Nm @ 5.500 rpm
  • Transmisi: CVT


Yamaha menyematkan fitur Smart Motor Generator (SMG) yang membuat starter lebih halus.


Ada juga Stop & Start System (SSS) yang mematikan mesin otomatis saat motor berhenti beberapa detik—tujuannya menghemat BBM, terutama di lalu lintas kota.



Kaki-Kaki & Pengereman: Stabil dan Cukup Aman


FreeGo 125 menggunakan:


  • Suspensi depan teleskopik
  • Suspensi belakang monoshock
  • Ban tubeless:
    • Depan: 100/90-12
    • Belakang: 110/90-12


Pengereman:


  • Depan: cakram
  • Belakang: tromol


Pilihan yang cukup umum di kelasnya, dengan karakter berkendara yang nyaman.



Kelebihan Besar: Tangki Depan & Bagasi 25 Liter


Salah satu fitur paling unggul dari FreeGo adalah posisi tangki di bawah dek. Pengisian bensin bisa dilakukan lewat mulut tangki di bodi depan kiri, tepat di sisi kenop keyless dan kompartemen penyimpanan.


Keuntungan dari posisi tangki ini adalah Bagasi super besar 25 liter, yang bisa memuat:


  • jas hujan,
  • tas jinjing,
  • bahkan tas ransel standar.


Fitur ini membuat FreeGo 125 menjadi skutik 125 cc dengan salah satu bagasi terbesar di kelasnya.



Skutik Harian yang Sangat Praktis


Yamaha FreeGo 125 memang bukan yang paling sporty, tapi untuk kebutuhan harian, motor ini adalah paket lengkap:


• bagasi besar,
• tangki depan praktis,
• bobot ringan,
• mesin halus,
• desain unik.


Bagi pengguna yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan, FreeGo 125 bisa menjadi alternatif kuat selain Vario dan skutik 125 lainnya.


***

Tim Redaksi.